Skip to main content

HighSchool Flashback -unrated-

Hal apa yang paling ngebetein sepanjang idup gue?
Kalo mau jujur si, ya pas gue diem di kosan gue yang berukuruan 3x3 meter beralaskan kayu dan berdindingkan bilik reyot yang kalo ada ujan langsung roboh. Heheh, gak seekstrim itu sih, tapi kamar dikosan gue tu emang kecil banget. Buat seorang cewe yang lagi ranum-ranumnya dan selalu ngerasa hot, young, and sexy, kamar jenis gini nggak banget kan? Yang hanya dilengkapi dengan Radio, teko listrik, Magic com, hape, en Laptop… Bawa TV, tapi gak bisa nangkep siaran kalo gak pake antenna luar. Bete gak sih lo kalo jadi gue?? Dan yang nambahin penderitaan gue, adalah temen-temen satu kosan gue yang sama sekali gak akrab ama gue. Macan semuanya! Gimana gue bisa idup coba? Dibilang gue jutek? Enggak sih, gue Cuma males aja kalo harus nyengir mulu tiap gue ketemu mereka. Dibilang baik? Yaeyalaaah… secara gitu gue yang always ngasih bantuan sebisa mungkin terhadap mereka yang membutuhkan. Kurang baik apaan coba gue? Tapi, ada 2 orang senior dikosan gue, yang kayaknya kehadiran gue tuh mengancam kelangsungan hidup mereka. Ya, mereka jutek gitu deh am ague. Lalu apa sikap seorang Nonoz? Selow aja kale, selama mereka nggak nyenggol gue… lagian gue kan gak butuh mereka. Orang mereka ko yang selalu punya butuh ama gue. Kemaren aja, si A nyuruh temen gue buat nerjemahin satu kalimat bahasa Inggris. Ih, gila kali yah dia? Kenapa gak dia aja sih yang dateng aja ke kamar gue? Pengen najong aja gue.

But, btw, udah ah lupain aja kehidupan super garing gue dikosan.
Gue inget waktu gue esempe dulu, gue punya sohib, namanya Feronika. Yak, bukan Veronica seperti biasanya. Gak tau kenapa gue bisa kenal ama tu anak. Bermula ketika kita sama-sama masuk ekskul basket yang konon katanya yang masuk sini anak-anak keren semua. Berhubung gue ngerasa keren secara alamiah tanpa ada factor keturunan dari Mama or Papa yang sama sekali jauh dari kata keren, tapi cool, akhirnya gue terjun di dunia basket yang bikin nama gue bersinar… Karena udah bakat alami dari esde, setiap ada bola, pasti gue sundul! Setiap ada ring, pasti gue loncatin! Kayak kangguru kesurupan aja?
Nah, pas hari pertama latian, ceritanya belum ada yang akrab ama gue. Yaa… namanya baru masuk kelas 1 esempe coba? Dan dengan pedenya gue berangkat latian basket pake celana skinny bahan panjang warna item. Geblek gak sih? Malu gue kalo inget masa muda. Nah, pas mau stretching, kan ngebikin lingkaran tu di lapangan, terus pelatih gue bilang ‘lain kali kalo mau latian, pake celana basket aja ya! Atau celana pendek’. Dan kebeneran, yang jadi korban kegoblokan celana hari itu adalah gue ama si Pero itu! Dan mau gak mau akhirnya gue akrab ama tampangnya yang dijamin bakalan bikin orang-orang ilfil sepanjang hari karena ngeliat tampangnya yang kayak orang gak bisa kentut 2 bulan. Dan di latian-latian berikutnya, gue jadi akrab gitu deh ama si PEro ini. Anaknya item pait, cantik kalo diliat pake mata batin, baik kalo dipikir gak pake akal sehat, dan yang paling penting, si Pero itu cewe yang gak punya rasa takut ama apapun. Contohnya nih ya, dia tu gak takut kalo dia diledekin abis-abisan ama anak-anak lantaran model rambutnya yang kayak sekop. Dia gak takut buat mamerin suara cemprengnya pas lagi nyanyi “Tikus Makan Sabun”. Dia gak punya rasa takut apa gak punya malu yah? Lalu dibalik kepolosan yang dibarengi dengan bakat luar biasanya, gue jadi tertarik buat temenan ama dia. Tapi ternyata betapa ternyata. Bukan berkah yang gue dapet. Tapi musibah.
Suatu hari…
Dikala gue udah akrab ama dia, dan dengan mudahnya kita jadi popular dikalangan senior gara-gara gue temenan ama cewe batak-sunda preman berambut sekop walaupun berwajah agak manis asam seger gitu! Ditambah lagi, gue popular coz gue satu-satunya murid kece muslim sunda-manado di esempe katholik itu. Gimana? Gue udah punya bakat alami jadi seleb kan?
Hari-hari gue di esempe diwarnain dengan adanya saling keceng-mengkeceng antara junior ama senior. Gue nih, yang santer banget di jodoh-jodohin ama makhluk Tuhan paling sexy (setelah ------ *sensor) bernama Ivan Linggo Soetjiamto Cokroadinoto Kusumah Diningrat Mangkuaalam Mangkubumi Nonjokanan Nonjokiri Nonjauh Dimato. Gue yang dulu masih polos dan tidak tau apa-apa mau aja dibujuk-bujuk rayuan setan dari Pero untuk nyuruh gue nelepon gebetannya yang bernama Ferry Triyadi dengan iming-iming bakalan dijodohin dengan Ivan Linggo Nonjauh Dimato itu. Akhirnya sehabis bergunjing tentang Oom Oom dirumah gue, gue, Pero, dan Dewi sepakat buat nelepon Ferry. Nomernya kita dapet dari Yesisca setelah dia mempertaruhkan harga diri dan kesuciannya buat nanya ama senior kita yang bernama Vicky Rondonuwu. Tat. Tit. Tut. Tet. Tot. Tut. enam digit angka udah dipencet. Trrrt… Trrrt… Gak ada nada sambungnya.
“halo?” suara cowo diseberang sana,
Dewi : “iya, ini ama Ferry?”
“Iya, ini siapa ya?” jawab dia.
Dewi : “Eh, mau gak, ntar kita ketemuan di depan esempe 2 jam setengah 3 nanti?”
“oke, tapi ini siapa?” jawab orang di seberang sana lagi.
“i.. ini Fero!” jawab Dewi goblok banget, terus gagang telepon direbut Fero, dan
Fero : “Eh, bukan, ini Nonoz!”
sama sama gobloknya, gue rebut lagi, dan gue bilang “Ini Dewi kok!”. Terdengarlah tawa yang nyeremin diseberang sana “HWAHWAUAHUAHUAHUA…”. Dan Tuuuut… Tuuut… Kita tutup telepon setelah kita menyadari kebodohan kita semua. Terkuaklah kedok kita. Dan yang baru gue tau lagi, kalo nomer yang dulu gue ama temen-temen telepon tu bukan nomernya Ferry, tapi itu adalah nomernya Ivan Linggo! Gila, mau mampus aja deh gue. Keesokan harinya ditengah jam istirahat, pas gue dkk mau jajan di kantin. Si Ivan pujaan hati gue ama si Ferry lewat, sambil nyindir
Ivan : “kemaren siapa ya yang nelepon Ferry?”
Gue dkk yang ngedenger cengar cengir gak keruan kabur dengan sukses ngumpet ke WC. Dan harapan gue buat lebih dekat dengan Ivan sang primadona pupus sudah karena kebrutalan dalam sandiwara telpon-telponan.
Hancur sudah masa depan gue yang udah gue bayangin bakal balik berdua dengan Ivan, nonton, malem mingguan… dan perkara ini sudah dipastikan terjadi karena adanya tindakan cadas oleh seorang remaja setengah mateng bernama Pero! YAK! Makhluk yang hingga kini menghantui hari-hariku. Gimana engga, gue ama dia udah soulmate banget deh!
Dan perjalanan persohiban gue setelah esempe, ternodai setelah hadirnya empat makhluk ajaib yang bernama Geni Garuningsa Khoirunissa, Evi Fatimah Khodijah, Inten Novianti Kusumah, en Nurul Istiqomah Kutibah. Ketiga orang pertama tadi, kenal ama gue pas latian basket. Emang, basket tu bawa sial! Buktinya, gue terjebak diantara mereka… Dan gue kenal Nurul alias Memey ini setelah menginjakan kaki di kelas 2 esema dan dikutuk buat sekelas ama dia.
Saat itu di siang yang cerah, matahari bersinar dengan genitnya. Gue, Evi alias Epot, Geni alias Genot, dan Inten alias Jumi lagi asik-asiknya ngelempar-lempar bola basket dengan buasnya kearah ring basket, walopun pada akhirnya papan ring runtuh akibat kebrutalan para siswa dan siswi dalam melempar bola. Sebagai anak baru, dan sebagai junior yang tau diri, gue gak mau mamerin gimana jagonya gue dalam berbasket ama senior-senior gue. Terutama yang cewe. Bisa-bisa gue digencet lahir en batin… Tadinya gak ada satupun dari mereka yang mau deket-deket am ague, gak tau mereka gak pede aja bareng cewe cute yang jago basket, ato gara-gara emang takut ketiban sial kalo bareng gue? Ah nevermind, whateverlah, sendirian juga gue mah asik-asik aja tuh. Dan pas lagi pemanasan yang ceritanya kita bertiga-bertiga, ato bedua-bedua, nah, waktu itu, gue langsung bareng ama mereka!
Anjrit.
Jutek.
Semuanya jutek.
Emangnya gue gak bisa basket apa?
Dan gue cuman bisa nelen ludah gue yang asem aja buat nerima perlakuan dunia yang tidak adil kepada makhluk semanis gue. Dan pada saat game… Kayaknya orang-orang pada ngeraguin kemampuan basket gue yang emang udah diluar akal sehat. Gimana engga? Slamdunk? Jangan ditanya! Gak bisa gue! Lay up? Uh apalagi, jago deh gue! Jago bikin bolanya nyangsang en gak mau turun.
Disaat itulah kekuatan ajaib dan dorongan yang entah darimana datangnya, shoot gue selalu masuk. Dan saat itulah… nama gue diakui di dunia perbasketan SMAN 2 Tarogong. Dan pada latian-latian berikutnya, gue udah asoy banget deh ngeshoot 3 points, dan yang paling aneh, (bukannya gue sombong loh), 3 points gue sering banget masuk. Nah, pas free throw? GA ADA yang masuk! Ampe akhirnya gue yang jadi the last girl standing di lapangan gara-gara gak boleh istirahat akibat free throw gue gak masuk-masuk. Lalu ketiga makhluk tadi jadi sok-sok ngakrabin diri gitu deh ama gue (hehe… piz ah pren!) dan kita pun jadi pada akrab satu ama lain, malah kita punya nama, “D’ngesot” why? Karena kebokek-an kita, yang setiap hari duit jajan selalu abiz, maka tiap mau naik angkot, kudu jalan dulu biar ongkosnya murah en Cuma sekali angkot. Karena sekolaan kita jauh dari peradaban, maka kalo mau jalan-jalan after school, kita pasti beneran JALAN… memang benar, kerasnya dunia membuat nasib orang kecil tu kayak gini… (lebay banget yah?)
Genot, cewe yang agak tambun dengan perawakan agak besar, dan body sedikit mengembang… (sama-sama aja yah?), posisi 5: Center. Dia tu kayak cowo banget deh! Padahal tu anak pake kerudung loh! Tapi kalo basket sih nggak laah… Paling enak buat dijadiin bank ama gue en Epot yang emang bawaan dari lahir suka ngutang. Baik banget, en solid banget! Paling pinter diantara semuanya, anak IPS, tapi gue, Epot, en Jumi kan anak IPA. Tapi jawara kelas! Keren gak sih? Kalo ngomong gak pernah disaring, seenak udelnya aja! Yang ketawanya kenceng plus bikin orang denger bergidik, dikira ngedenger suara siluman. Tapi kalo udah dapet melankolisnya, dia tuh bisa jadi cengeng banget! Ck, ck, ck, gue pikir anak orang doang yang bisa kayak gini. Anak babon juga bisa yah? (maap gen, gue Cuma nulisin fakta! Heheh)
Epot, cewe berkerudung yang otaknya udah abis buat mikirin cowo seantero bumi yang dia kecengin, tapi yang mentok tu yang diluar akal sehat. Bukan tipe semua makhluk normal. Posisi 4: Small Forward. Bikin iri semua pihak karena punya sikap yang enggak tau malu ama semua orang. Terutama dalam hal ngecengin adek kelas. Buset, gak mau deh bawa dia kedepan brondong yang jadi target, malu-maluin. Kalo ngomong sama kayak Genot, asbun! Tukang ngutang juga kayak gue. Bolot disetiap kesempatan, susah kalo mau diajakin jalan-jalan. Alasan : Kalo pulang angkotnya susah. Maklum, dia masih idup di suku pedalaman daerah Garut pojokan.
Jumi, makhluk multitalenta yang bisa bikini dup semua orang menderita mendengar suara cemprengnya dan melihat wajah busuknya. Posisi 1: Play Maker. Bukan rahasia umum kalo ratu centil ini suka membuat sengsara orang-orang yang ada disekitarnya. Bagaimana tidak? Setiap kali kecengannya lewat, dia selalu menjadi setengah kesurupan sambil komat kamit nyebutin nama kecengannya 7 kali. Bikin kaget orang pas ngejerit tanpa suara. Dalam hal yang sama, -kalo-dia-ngeliat-gebetannya-. Kadang pake kerudung kadang nggak. Sarap deh. Suka sok alim dalam hal makan. Hobinya beli obat diet termurah dan berkhasiat. Padahal tu anak udah cungkring loh. Kalo dia udah senyum kayak setan, pertanda sesuatu yang buruk bakalan menimpa orang yang diberi senyuman itu. Ati-ati aja!
Mau tau soal gue? Gak bakal rugi deh! Gue, makhluk manis yang dikelilingi hal-hal goib sejenis Genot, Epot, Jumi en Memey. Udah mengukuhkan diri, selama kelas 3, gue gak pake kerudung! Karena traumatis pada ucapan salah seorang guru yang menyinggung hati. Posisi 3: Shooter. Terdepan dalam inovasi. Paling pendek diantara semua, tapi paling manis, gak bisa diem kecuali dikelas pas Bu Siti lagi ngajar. Selalu gagal bikin orang gak ketawa, padahal tak terlintas sedikitpun di otak gue untuk dengan sengaja membuat orang-orang tertawa terpingkal-pingkal, jatuh bangun, banting tulang. Selalu bokek disetiap kesempatan, dan gak pernah belajar dengan serius. Tapi anehnya, gue masih bisa bersekolah dan berkuliah kayak sekarang. Paling semangat latian basket.
Memey, remaja paruh baya yang doyan ngemil segala rupa yang bisa dimakan. Posisi 0: Tukang bersiin lapangan. Ni anak emang gak masuk basket. Alesannya si gak bisa. Padahal! Beuh, emang payah banget! (ha ha… maap meey). Super centil, yang kalo ngomong bikin telinga sakit, suka tereak-tereak! Hobi nyontek punya gue. Padahal punya gue udah dijamin salah. Jago banget ngegebet cowo! (Ini asli loh!)Si A Bau aja cinta mampus ama dia! Konon kisahnya nih, di kampungnya, semua cowo cakep disana udah jadi pengikut setianya dia loh! Keren lo Mey! Bagi atuh jampe-jampenya!
Setelah sukses terjebak dengan mereka berempat, pada saat menginjakan kaki dikelas 3 IPA 3, hubungan gue ama Genot en Epot agak-agak berabe gara-gara udah jarang latian. Palingan yang rajin gue doang ama si Jumi. Dan pada akhirnya yang akrab adalah gue, Memey, en Jumi. Yaah, seleksi alam berlaku pada Genot en Epot. Tapi ampe sekarang kita always keepntouch dounk.
Lalu setelah masa-masa mencekam (baca: Uiian Akhir Nasional) selese, dan lulus dengan nilai yang edan banget, gue pindah ke Bandung buat ikutan intensif SPMB di G.O yang letaknya di kota banget! Deket BEC, BIP, asik deh! Gue juga nge kos di daerah Wastukancana yang gembel abis. Sepanjang gue ikut intensif setiap hari selama 2 bulan, gue udah sering banget bolos! Gak ngerti gue bisa lolos spmb (amiiin… Yaa Tuhan, bukannya aku nggak berterima kasih. Aku amat sangat makasiiih banget loh! I love You GOD) Di kos-kosan yang gembel banget, coz dulu bukan gue yang nyari, dan sebenernya gue Cuma nebeng aja se Kosan ama Azuz, temen xMa gue waktu kelas 1. Otomatis, gue bayar setengah doang. Gue ternyata sekosan ama temen les gue yang bernama Siti Sarah Nurawaliah, aduh, gue gak inget panjangnya! Yang pasti, kesan pertama orang yang gak kenal ama dia, dia tu alim banget, yang selalu bawa hadist dan Al-Quran kemana-mana, rajin solat, gak pernah boong, pinter, rajin menabung dan belajar, patuh pada orang tua, dan tidak pernah berkata kasar, karena dia lulusan salah satu pesantren kelas atas di Garut. TAPI!! Betapa shocknya gue ternyata setelah perkenalan gue dengan dia, ternyata dia asli GOKIL abez, gak tau malu, ngomongnya kenceng banget! Malah dulu ada satu kejadian gue dkk mau diusir ama ibu koz gara-gara subuh-subuh si Siti ngobrol kenceng banget di telepon, yang sukses membangunkan separo warga sekitar kosan yang letaknya di dalam gang kelinci. Untung kamar gue gak ada yang ngelempar barang macem-macem. Cuma granat ama dinamit doang! Akhirnya secara resmi gue, ama Siti yang selalu gue panggil Saroh jadi temen deket.
LAlu seorang remaja polos yang pura-pura normal bernama Azuz Agustina bergabung kembali dikehidupan gue, setelah lenyap waktu dia masuk IPS, en gue di IPA bersama anak-anak abnormal lainnya. Setelah mengetahui dan mendiagnosis perangai si Azuz yang kekakak kakaan, ternyata ada satu hal yang bikin gue jadi akrab ama dia : abnormal. Sebagai warga lulusan kelas 1-5, gue en Azuz sama-sama suka baca komik dan berkhayal tingkat tinggi, paling gak suka liat orang pura-pura normal. (kitanya aja yang aneh), dan yang ngebedain gue ama dia, dia tu jawara kelas di IPS3, dan gak pernah kesiangan walopun rumahnya bisa dikategorikan bukan wilayah Garut saking jauhnya. Dan gue, cewe yang sedikit pinter, lumayan bodoh yang rajin kesiangan, dan ngaku-ngaku kalo rumah gue jauh dari keramaian dan belum masuk listrik.
Dan pada saat masa-masa menjelang spmb, yang berarti masa-masa gue koz di Bandung, gue lagi akrab-akrabnya ama temen baru gue yang sebenernya udah tau dari dulu, tapi baru kenal kemaren-kemaren, sewaktu doski minta dicomblangin ama si Jumi. Akibatnya, gue jadi terinfeksi penyakit gaptek dan bolot gara-gara kenal dengan sesosok manusia yang bernama Riza alias Bejo. Tu makhluk asli gak punya rasa malu, selera humor yang ketinggian, ngomong suka sesuka hati, tipe laki-laki yang jaim, pura-pura polos padahal bego aja! Tapi solider en bagus buat dijadiian alliance buat ngelawan musuh-musuh! Gampang terhasut dan rada gak pedean. Sebenernya ni orang baik sih, cumin gak keliatan aja! Abis dia dibalut dengan cover orang ngajak berantem, tapi kadang suka senyam senyum sendiri… iiih, serem… (punten ah Jow)

Lalu hari ini… dimana indahnya masa-masa xMa, udah gak bisa gue rasain lagi, dimana gelar senior kelas 3 yang bikin bangga semua makhluk yang pernah duduk di XMA udah gak gue pegang, and… here I am, Cuma jadi mahasiswi cupu tingkat satu Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran jurusan Budidaya Tanaman Program Studi Pemuliaan Tanaman (wii panjang amat bu?) yang mau-maunya dobego-begoin ama senior yang harusnya udah minggat dari kampus, tapi entah mengapa masih pada betah aja nangkring dikampus dan bikin angkatan baru jadi bête dan kehilangan selera belajar.
Gue yang sekelas dengan 127 orang dengan keanekaragaman budaya dan kelakuan yang aneh-aneh, Cuma pengen akrab ama beberapa orang yang kira-kira bisa dijadiin ‘temen’, tapi tentu aja gue selalu be nice dan selalu kudu kenal dengan semua orang. Dan orang-orang tersesat yang terjebak dengan gue adalah ------------------------------------.. (orang-orang terpilih.. hahahah)
Kerasaaaa banget bedanya suasana XMA dengan Kuliahan! Sumpah, jauuuh banget! Dan yang selalu gue tancebin di hati dan jiwa raga gue, kalo : high school never ends!! Yeah baby!
Gak ngerti deh gue, semakin dewasa, kenapa orang-orang malah milih buat bersandiwara dan pretend to make other people happy? And, why does they don’t be their self?
Bener yah kata Nike Ardila, dunia ini panggung wayang!
Life so tragic…
Bukan gue namanya kalo gue jadi pendiem en gak gila.
Nahhh.. sekian flashback high school gw.. sebenernya saat ini saya tidak tinggal dikosan busuk itu, saya sudah pindah ko.. hahha.. dan sebentar lagi saya akan menceritakan kisah saya saat ini! Yap! Keadaan saat ini… dimana saya sudah menduduki smester 5 kampus ini.. nantikan di post an saya yang selanjutnya. Terimakasiih.. hahaha

Blogged with the Flock Browser

Comments

  1. Gokil banget kmu noz bikin flasback story. knapa ga dbwt novel ja skaliana. wa.... ha....ha....ha...

    ReplyDelete
  2. hweheeeee... ga ahh.. masi dalam taraf curcol doang..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kool Stuff!

Check this out! Here's the koolest song by dashboard confessional! It was so ME! Hahaha... Stolen We watch the season pull up its own stakes And catch the last weekend Of the last week Before the gold and the glimmer have been replaced Another sun soaked season fades away You have stolen my heart You have stolen my heart Invitation only Grand Farewells Crash the best one Of the best ones Clear liquor and cloudy eyed Too early to say goodnight You have stolen my heart You have stolen my heart And from the ball room floor We are in celebration One good stretch before our hibernation Our dreams assured and we all Will sleep well Sleep Well Sleep Well Sleep Well you have stolen you have stolen you have stolen my heart I watch you spin around In your highest heels You are the best one Of the best ones We All Look Like We Feel you have stolen my you have stolen my you have stolen my heart

Penny Loafer and Vintage Looks

Okay okay.. Here's my another wishes.. (damn, i want everything i see.. -____- ) First: Penny Loafer Okaay, maybe it looks sooo soo out of date! Yes it is! But I like something classic, vintage, retro, or whatever it says.. A MUST HAVE ITEM FOR THIS MONTH !! 2. Vintage Outfits I want that look -___- but im too short.. no problemo! I'll fix it and look for some vintage stuff :)) And I'll mix all of them with my next black or brown penny loafer! Can't wait to looking for it!! ^^